Logo Bloomberg Technoz

Pejabat Tinggi AS & Jenderal China Bertemu, Bicara soal Keamanan

News
29 August 2024 18:20

Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)
Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)

Jenny Leonard dan Josh Xiao - Bloomberg News

Bloomberg, Jake Sullivan, pejabat senior Gedung Putih, mengatakan bahwa China dan AS memiliki kewajiban untuk menghindari persaingan yang berisiko menjadi konflik. Hal tersebut disampaikan dalam pembicaraan langka dengan jenderal senior China yang membuka jalan bagi hubungan bilateral yang lebih baik.

Pada Kamis (29/08/2024), Sullivan menjadi penasihat keamanan nasional AS pertama dalam delapan tahun yang bertemu dengan wakil ketua badan militer tertinggi China, yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping dan mengawasi tentara terbesar di dunia berdasarkan jumlah personel aktif.

Pejabat AS tersebut dan Jenderal Zhang Youxia dari Komisi Militer Pusat membahas upaya menjaga perdamaian di Selat Taiwan dan Laut Cina Selatan — dua titik panas utama dalam hubungan militer — serta kekhawatiran Washington yang semakin meningkat tentang dukungan China yang terus berlanjut untuk mesin perang Kremlin di Ukraina.

"Tuan Sullivan menekankan bahwa kedua negara memiliki tanggung jawab untuk mencegah persaingan berubah menjadi konflik atau konfrontasi," menurut pernyataan Gedung Putih tentang pertemuan di Beijing tersebut.