Logo Bloomberg Technoz

BPOM Sebut Tengah Datangkan 7.600 Vaksin Mpox

Dinda Decembria
29 August 2024 17:20

Kemenkes Pastikan Vaksin Mpox di Indonesia Masih Cukup (Envato)
Kemenkes Pastikan Vaksin Mpox di Indonesia Masih Cukup (Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah telah mendatangkan vaksin cacar monyet atau Monkeypox (Mpox). Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Taruna Ikrar menyebut proses pendatangan tersebut sudah tiga tahap di Indonesia. Jumlah vaksin yang didapat itu di Kementerian Kesehatan ada 7.600.

"Tentang vaksin spesial untuk Mpox, ada yang disebut dengan vaksin (vaksin jynneos) merupakan vaksin untuk selain pencegahan juga untuk pengobatan jadi juga lewat Indonesia spesial akses kita sudah memiliki sekitar 7.600  dosis," ujar Kepala BPOM Taruna Ikrar dikutip dari YouTube Sekretariat Kabinet RI.

Selain itu, Taruna menyebut pihak BPOM akan menyiapkan akses khusus untuk tiga obat cacar monyet atau monkeypox (Mpox). Tiga obat ini adalah tecovirimat, cidofovir, dan brincidofovir.

"Ketiga obat-obat ini sudah diproduksi dan kita berharap lewat kementerian kesehatan nantinya kita berikan akses khusus  untuk masuk Indonesia,"ujar Kepala BPOM Taruna Ikrar dikutip dari YouTube Sekretariat Kabinet RI.

Taruna menyampaikan bersama Kementerian Kesehatan mengupayakan pencegahan penularan Monkeypox (Mpox) di Indonesia. Dengan demikian ia menyampaikan telah mempersiapkan obat-obatan dan vaksin. Mengingat varian 1B yang dianggap berbahaya kini tengah mendera Afrika dan sejumlah negara.