Logo Bloomberg Technoz

Batal Koalisi di Jawa Timur, Jagoan PDIP dan PKB Daftar Hari Ini

Redaksi
29 August 2024 14:00

Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asad atau Gus Han maju Pilkada Jawa Timur diusung PDIP. (IG @PDIP)
Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asad atau Gus Han maju Pilkada Jawa Timur diusung PDIP. (IG @PDIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi batal menjalin koalisi pada Pilkada Jawa Timur. Masing-masing akan mengantar pasangan jagoannya ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur hari ini.

PDIP akan mengantar pasangan Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Zahrul Azhar Asad atau Gus Han sekitar pukul 18.00 WIB. Meski mengusung kader Partai Golkar, PDIP memastikan menjadi partai tunggal dalam pemenangan pasangan Risma-Gus Han di Pilkada Jawa Timur.

Partai Golkar sendiri bersama 14 partai politik lain dalam wadah Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus mengusung pasangan petahana Khofifah Indar Parawangsa dan Emil Dardak. Mereka sudah mendaftarkan diri ke KPUD Jawa Timur, kemarin.

"Saya kira pasangan Tri Risma Harini dan Gus Han mewakili corak kultural di Jawa Timur. Risma representasi nasionalis, sedangkan Gus Han mewakili santri," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Said Abdullah, Kamis (29/8/2024).

"Bu Risma mewakili kaum perempuan, dan Gus Han mewakili anak muda. Bu Risma representasi dari figur berpengalaman panjang dalam karir jabatan publik, dan Gus Han mewakili intelektualitas. Jadi mereka berdua pasangan yang saling melengkapi.”