Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Kejar Target Quality Tourism di 5 DPSP

Dinda Decembria
29 August 2024 19:20

Pengunjung berswafoto di Tanah Lot, Bali, Rabu (14/12/2022). (Nyimas Laula/Bloomberg)
Pengunjung berswafoto di Tanah Lot, Bali, Rabu (14/12/2022). (Nyimas Laula/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pembenahan lima destinasi Pariwisata Superprioritas (DPSP) ditargetkan rampung sebelum masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakhir pada Oktober 2024.

Deputi Bidang Koordinasi Parekraf Kemenko Marves, Odo Manuhutu, menjelaskan saat ini dari lima DPSP masih berada di bawah target pemerintah untuk mencapai Quality Tourism.

Odo mengatakan terhitung hanya Borobudur yang dapat mendekati target yang ditetapkan. Salah satu nilai yang berperan untuk mencapai pendekatan Quality Tourism salah satunya adalah penanganan sampah.

"Dari lima destinasi tersebut, satu yang sudah mendekati di DPSP Borobudur. Salah satu hal yang kita lakukan di Borobudur salah satu masalah utamanya adalah penanganan sampah. Saat ini kita sudah dalam proses menyelesaikan penanganan sampah melalui pembangunan TPSP (tempat pembuangan sampah terpadu)," imbuh Odo pada Konferensi Pers dalam rangka Pelaksanaan #1st International Quality Tourism Conference (IQTC) 2024 secara online.

Odo juga menyoroti pentingnya destinasi wisata dalam menerapkan Quality Tourism. Hal sebagai wahana cermin perbaikan untuk pengelola maupun pemerintah.