Logo Bloomberg Technoz

Produsen iPhone Apple yang memiliki hubungan dengan OpenAI, menambahkan ChatGPT ke dalam rangkaian fitur AI barunya, yang disebut Apple Intelligence. Perusahaan ini juga dijadwalkan untuk duduk di kursi dewan di OpenAI - bersama dengan Microsoft - tetapi rencana tersebut dibatalkan pada bulan Juli.

Nvidia memasok infrastruktur penting yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan menjalankan alat AI seperti ChatGPT. Nvidia merupakan produsen terbesar akselerator AI, yang penjualannya melonjak selama dua tahun terakhir.

Dalam laporan kuartalan terbaru Nvidia, pendapatannya meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi US$30 miliar. Nvidia memprediksi penjualan yang lebih besar lagi di kuartal ini, melampaui perkiraan rata-rata analis, meskipun para investor sudah terbiasa dengan hasil yang meledak sehingga sahamnya masih menurun.

Chief Financial Officer (CFO) OpenAI Sarah Friar mengatakan kepada karyawannya dalam sebuah memo pada hari Rabu bahwa perusahaan sedang mencari modal segar, tanpa memberikan rinciannya, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini. OpenAI telah berdiskusi untuk menggalang dana dengan valuasi di atas US$100 miliar sejak setidaknya bulan Desember, Bloomberg melaporkan.

Pendanaan ini akan mendukung salah satu startup yang didukung oleh ventura paling berharga di dunia. Kesuksesan ChatGPT juga telah memulai perlombaan di antara perusahaan-perusahaan teknologi, yang mengintegrasikan teknologi AI di seluruh produk mereka dan mendanai startup menjanjikan lainnya..

Dalam memonya kepada para karyawan, Friar mengatakan bahwa OpenAI akan menggunakan pendanaan tersebut untuk mendapatkan lebih banyak daya komputasi dan mendanai biaya operasional lainnya. Wall Street Journal sebelumnya melaporkan diskusi dengan Apple.

(bbn)

No more pages