Logo Bloomberg Technoz

Nvidia Tertarik Investasi Saat OpenAI Cari Modal Rp1.550 Triliun

News
30 August 2024 10:50

CEO Nvidia Corp, Jen-Hsun Huang atau Jensen Huang. (Dok: Bloomberg)
CEO Nvidia Corp, Jen-Hsun Huang atau Jensen Huang. (Dok: Bloomberg)

Mark Gurman, Dina Bass, Katie Roof, dan Ed Ludlow—Bloomberg News

Bloomberg, Nvidia Corp, produsen cip terbesar di dunia, telah mendiskusikan untuk bergabung dalam putaran pendanaan untuk OpenAI bernilai lebih dari US$100 miliar (sekitar Rp1.550 triliun), menurut orang-orang yang mengetahui hal ini.  Apple Inc dan Microsoft Corp juga telah melakukan pembicaraan untuk berpartisipasi dalam pendanaan tersebut.

Putaran pendanaan ini akan dipimpin oleh Thrive Capital, yang menginvestasikan sekitar US$1 miliar, Bloomberg melaporkan pada awal minggu ini. Nvidia telah mendiskusikan untuk menginvestasikan sekitar US$100 juta, kata dua orang sumber.

Jika diskusi berlanjut, ini berarti tiga perusahaan teknologi paling berharga mendukung OpenAI, kreator chatbot ChatGPT. Microsoft telah menjadi penyandang dana terbesar OpenAI, setelah menginvestasikan sekitar US$13 miliar. Ketiga big tech dan OpenAI tidak memberi komentar.

Pengaruh raksasa teknilogi terhadap kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) telah menarik perhatian, dengan regulator di Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) sempat menyatakan kekhawatirannya tentang dominasi Nvidia dalam cip AI dan hubungan dekat Microsoft dengan OpenAI. Microsoft telah mengintegrasikan layanan OpenAI dengan erat ke dalam platform Windows dan Copilot AI-nya — sebuah taruhan bahwa kemampuan tersebut akan membantu mendorong pertumbuhan.