Logo Bloomberg Technoz

BI Prediksi Kredit Perbankan Tumbuh Hingga 13% pada 2025

Azura Yumna Ramadani Purnama
29 August 2024 14:40

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memprediksi kredit perbankan akan tumbuh 11%-13% untuk tahun 2025, sementara untuk tahun ini BI memproyeksi kredit perbankan tumbuh sekitar 12% (year-on-year/yoy).

Hal tersebut ia sampaikan saat melakukan rapat kerja antara pemerintah dengan Komisi XI DPR RI yang diwakili Kementerian Keuangan, BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bappenas, dan Badan Pusat Statistik (BPS) yang membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

“Kami perkirakan pertumbuhan kredit tahun ini dibatas atas kisaran 10-12% atau sekitar 12%, semester tahun depan kredit bisa ditingkatkan menjadi 11-13%,” ucap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI.

Perry menjelaskan pada Juli 2024 kredit perbankan tumbuh 12,4%, kinerja kredit berdasarkan sektor paling banyak disalurkan ke sektor padat modal seperti industri, jasa dunia usaha, pengangkutan, pertambangan, serta listrik, gas, dan air (LGA).

Sementara kredit ke sektor padat modal seperti sektor jasa sosial, konstruksi, perdagangan eceran, serta pertanian tercatat masih relatif rendah.