Logo Bloomberg Technoz

Syaikhu Soal Lawan Dedi Mulyadi: yang Menang Tetap KIM

Redaksi
29 August 2024 13:10

Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie yang menjadi calon pada Pilkada Jawa Barat. (IG @Syaikhu_Ahmad)
Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie yang menjadi calon pada Pilkada Jawa Barat. (IG @Syaikhu_Ahmad)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasangan calon Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie resmi mengajukan diri sebagai peserta Pilkada Jawa Barat. Tiga partai tercatat memberikan rekomendasi kepada pasangan ini di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS); Partai Nasdem, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Meski demikian, dalam pidatonya, Syaikhu mengklaim PKS masih berada solid dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Salah satunya memastikan pemerintahannya bersama Ilham akan selaras dengan kebijakan dan program pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Sejalan dengan pemerintah pusat, sehingga bisa sinergis kolaboratif, saling mengisi dan menyempurnakan pembangunan yang ada," kata Syaikhu di KPUD Jawa Barat, Kamis (29/8/2024).

Hal ini disampaikan meski KIM bersama sejumlah partai lain atau kerap disebut KIM Plus telah mengusung calon lain pada Pilkada Jawa Barat. Sebanyak 13 partai dalam wadah KIM Plus tercatat mengajukan mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan mantan Wakil Bupat Sumedang Erwan Setiawan.

Menurut Syaikhu, KIM Plus sebenarnya hanya menjalin kesepakatan untuk mengusung calon yang sama pada tempat-tempat prioritas, seperti DKI Jakarta. Di wilayah lain, seperti Banten dan Jawa Barat, kata dia tak ada keharusan bagi PKS untuk mengusung calon yang sama dengan KIM.