Logo Bloomberg Technoz

Di Jakarta, PKB bersama KIM Plus mengusung pasangan Ridwan Kamil-Suswono. Sedangkan PDIP sebagai partai tunggal mengusung kadernya sendiri yaitu Pramono Anung-Rano Karno.

Demikian pula di Jawa Timur, PDIP dan PKB sempat santer dikabarkan akan berkoalisi untuk mengusung Marzuki Mustamar dan Tri Rismaharini. Akan tetapi hal ini berpotensi batal usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK), karena keduanya memenuhi syarat untuk mengusung jagoannya sendiri.

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengatakan, partainya justru tengah intensif menjalin komunikasi dengan PPP pada Pilkada Jawa Barat. Dia berkukuh untuk mengusung Ketua Dewan Syuro PKB Jawa Barat Acep Adang Ruhiat sebagai calon gubernur.

Sebagai pendamping, PKB rencananya ingin PPP mengusung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai calon wakil gubernur.

Di sisi lain, PDIP memang nampak ngotot meminta jatah kursi cagub pada rekan koalisinya di Pilkada Jawa Barat. Belakangan, partai berlambang kepala banteng tersebut sempat menetapkan anggota DPR dari Dapil Jawa Barat VII, Ono Surono sebagai cagub.

(red/frg)

No more pages