Logo Bloomberg Technoz

Hari Terakhir, PDIP dan PKB Belum Usung Jagoan di Pilkada Jabar

Redaksi
29 August 2024 11:50

Logo PDIP dan PKB
Logo PDIP dan PKB

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tiga partai politik yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum mengumumkan jagoannya di Pilkada Jawa Barat. Ketiganya juga belum memberi kepastian apakah akan berkoalisi atau mengusung calon masing-masing.

Hari ini, menjadi batas paling akhir, bagi partai politik untuk mengusung calon gubernur dan calon wakil gubernur ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat. Hingga berita ditulis, baru dua pasangan calon yang dipastikan akan menjadi peserta kontestasi politik di Bumi Pasundan.

Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus, yang berisi 13 partai, mengusung mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan mantan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan. 

Satu calon lainnya berasal dari koalisi Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Mereka mengusung Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan putra Presiden ke-3 BJ Habibie yaitu Ilham Habibie.

PDIP dan PKB memang sempat dikabarkan akan menjalin koalisi pada sejumlah wilayah pilkada strategis; beberapa di antaranya adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Akan tetapi, rencana koalisi ini sempat goyah karena PKB belakangan justru bergabung dengan KIM Plus.