Logo Bloomberg Technoz

Modal Asing Banjiri RI, Bisa Makin Deras Jelang Pivot The Fed

Ruisa Khoiriyah
29 August 2024 13:20

Ilustrasi Dolar (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Dolar (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dana pemodal asing masih terus membanjiri pasar keuangan Indonesia, membawa rupiah menguat hingga 5,3% sepanjang bulan Agustus ini. 

Investor asing memborong saham dan obligasi terdorong oleh sentimen arah kebijakan bunga acuan Federal Reserve, yang akan berdampak pada tingkat bunga bunga Bank Indonesia dalam waktu dekat. 

Arus masuk modal asing yang terus menguat menjadi kabar baik bagi kinerja neraca pembayaran RI ke depan di tengah semakin lebarnya defisit transaksi berjalan. 

Namun, mengandalkan banjir modal asing yang kebanyakan bertenor pendek, mungkin sulit memberikan stabilitas nilai tukar yang lebih lama terutama bila kinerja ekspor masih berlanjut melorot hingga memperlebar defisit transaksi berjalan. 

Mengacu data resmi otoritas yang dikompilasi oleh Bloomberg, modal asing telah memborong obligasi negara sedikitnya US$2,2 miliar selama Agustus, menjadi nilai belanja terbesar oleh investor nonresiden sejak Januari 2023 silam. Bahkan pada 22 Agustus, asing memborong surat utang RI hingga Rp9,6 triliun, pembelian sehari terbesar dalam lima tahun terakhir.