Logo Bloomberg Technoz

Pernyataan Lengkap Gojek dan Grab Soal Demo Mitra Ojol dan Kurir

Muhammad Fikri
29 August 2024 12:20

Mitra pengemudi atau driver ojol Gojek dan Grab jasa antar makanan. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Mitra pengemudi atau driver ojol Gojek dan Grab jasa antar makanan. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dua aplikator dan penyelenggara platform teknologi pemesanan kendaraan (ride-hailing), Gojek dan Grab, merespons rencana demo ojok dan kurir yang melibatkan ribuan mitra pengemudi.

Grab Indonesia diwakili oleh Tirza Munusamy, Chief of Public Affairs, menyatakan bahwa “besaran tarif layanan pengantaran Grab telah dihitung secara saksama sesuai dengan ketentuan Pasal 3 Permenkominfo No. 1/Per/M.Kominfo/01/2012 tentang Formula Tarif Layanan Pos Komersial serta dirancang untuk menjaga pendapatan Mitra Pengemudi, serta kestabilan permintaan pasar terhadap layanan Grab.”

Grab Indonesia juga klaim tidak pernah memotong pendapatan Mitra Pengemudi untuk dialokasikan sebagai diskon bagi konsumen.  Penyusunan formulasi tarif justru dibuat dengan tujuan menjaga pendapatan mitra pengemudi.

“Seluruh biaya promosi yang Grab gunakan berasal dari perusahaan dan didesain untuk membantu meningkatkan permintaan dari konsumen, yang pada akhirnya diharapkan dapat memengaruhi pendapatan para Mitra Pengemudi secara positif,” terang dia.

Ia menyatakan penghargaan atas keputusan demo aspirasi mitra selama dilakukan tertib. Bahwa selama ini mitra juga telah disediakan saluran aspirasi melalui layanan Grab Support.