Logo Bloomberg Technoz

Buffett telah menghabiskan sebagian besar hidupnya mengubah Berkshire Hathaway dari produsen tekstil menjadi sebuah kerajaan bisnis yang luas. Dia membentuk perusahaan bersama mitra bisnis lamanya Charlie Munger, yang meninggal pada bulan November pada usia 99 tahun.

Nilai pasar Berkshire naik sekitar 20% per tahun dari 1965 hingga tahun lalu - hampir dua kali lipat return tahunan S&P 500 dalam waktu tersebut. Hal itu telah mengubah Buffett menjadi salah satu orang terkaya di dunia, dan mungkin investor yang paling produktif.

Kekuatan konglomerat tersebut muncul ketika optimisme untuk ekonomi meningkat, dengan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) diperkirakan akan memangkas suku bunga pada pertemuan September. Keyakinan konsumen naik ke level tertinggi dalam enam bulan pada bulan Agustus. Bisnis Berkshire mencakup operator halte truk Pilot Travel Centers LLC hingga rantai es krim Dairy Queen dan merek baterai Duracell.

Saham tersebut telah menambah lebih dari US$200 miliar dalam kapitalisasi pasar tahun ini saja - rekor untuk perusahaan, tetapi sangat kontras dengan kenaikan hampir US$2 triliun Nvidia. Reli Berkshire telah mendorongnya ke wilayah overbought, berdasarkan indeks kekuatan relatif, dan mendorong sedikit keraguan dari analis.

Prospek fundamental untuk bisnis inti Berkshire tidak selalu jauh lebih cerah ke depan, menurut analis Bloomberg Intelligence Matthew Palazola, tetapi perusahaan tersebut menawarkan portofolio "all-weather" atau portofolio yang tetap menguntungkan dalam berbagai kondisi ekonomi.

Sementara itu, suku bunga yang lebih rendah dapat berdampak pada return tumpukan uang tunai yang dikumpulkan Berkshire sambil mengurangi kepemilikan Apple Inc dan mengurangi kepemilikannya di Bank of America Corp. Tumpukan uang tunai Berkshire mencapai sekitar US$276,9 miliar pada hasil kuartal kedua yang dilaporkan pada awal Agustus. Besarnya kepemilikan Apple telah menjadi kekhawatiran, kata Check, dan langkah untuk mengurangi eksposur itu bijaksana. "Hal itu telah menghilangkan banyak risiko," kata Check.

(bbn)

No more pages