Logo Bloomberg Technoz

Berkshire Hathaway Milik Buffett Tembus Kapitalisasi US$1 Triliun

News
29 August 2024 08:30

Warren Buffett. (Dok: Bloomberg)
Warren Buffett. (Dok: Bloomberg)

Bre Bradham - Bloomberg News

Bloomberg, Berkshire Hathaway Inc menjadi perusahaan AS pertama di luar sektor teknologi yang melampaui nilai pasar US$1 triliun (setara Rp15.448 triliun).

Saham konglomerat Warren Buffett naik 0,9% pada hari Rabu (28/08/2024) untuk mendorong kapitalisasi pasarnya di atas angka triliun dolar untuk pertama kalinya. Saham tersebut telah reli tahun ini karena hasil asuransi yang kuat dan optimisme ekonomi. Perusahaan yang berbasis di Omaha, Nebraska itu bergabung dengan jajaran kelompok kecil yang memecahkan tonggak sejarah, didominasi oleh raksasa teknologi seperti Alphabet Inc, Meta Platforms Inc, dan Nvidia Corp.

"Berkshire telah melakukannya dengan cara yang lebih lambat, tetapi lebih pasti," kata Steve Check, pendiri dan kepala investasi Check Capital Management. Perusahaannya memiliki sekitar US$2 miliar dalam aset yang dikelola, dengan Berkshire sebagai kepemilikan terbesar mereka. "Lebih sulit menghasilkan uang dengan cara lama."

Rali Berkshire tahun ini telah melampaui kenaikan S&P 500, dengan perusahaan ini memulai salah satu tahun terbaiknya dalam satu dekade. Sahamnya telah naik 30% pada tahun 2024, sementara tolok ukur pasar naik 17%. Perusahaan ini tidak jauh di belakang Magnificent Seven yang terkenal: tolok ukur saham teknologi terbesar naik 34% tahun ini.