Logo Bloomberg Technoz

Grab Sebut Tidak Pernah Potong Pendapatan Mitra Ojol

Dinda Decembria
29 August 2024 07:35

Mitra pengemudi atau driver ojol Grab. (Bloomberg/Rosa Panggabean)
Mitra pengemudi atau driver ojol Grab. (Bloomberg/Rosa Panggabean)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Grab Indonesia, salah satu aplikator yang bekerja sama dengan ojek online (ojol) menyatakan bahwa formulasi tarif yang diatur oleh pemerintah Indonesia justru dibuat dengan tujuan menjaga pendapatan mitra pengemudi.

Menurut Tirza Munusamy, Chief of Public Affairs, Grab Indonesia, perusahaan tidak pernah memotong pendapatan Mitra Pengemudi untuk dialokasikan sebagai diskon bagi konsumen. 

Hal ini sebagai respons atas rencana demo ojol dan kurir yang akan berdemo hari ini Kamis, 29 Agustus 2024, dengan salah satu tuntutan adalah merevisi regulasi Permenkominfo No. 1/Per/M.Kominfo/01/2012.

Aturan Menteri Kominfo tentang Formula Tarif Layanan Pos Komersial “dirancang untuk menjaga pendapatan Mitra Pengemudi, serta kestabilan permintaan pasar terhadap layanan Grab,” Tirza menambahkan dalam keterangannya, dilansir Kamis (29/8/2024).

Tirza  menambahkan bahwa promosi yang dihadirkan oleh Grab bertujuan menarik permintaan konsumen. Pada tahap lanjutan diharapkan bisa memengaruhi pendapatan mitra ojol. Biaya promosi juga berasal dari perusahaan.