Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Kaji Pindahkan Pelabuhan Impor ke Indonesia Timur

Pramesti Regita Cindy
29 August 2024 07:20

Kapal Peti Kemas (dok: HSBC)
Kapal Peti Kemas (dok: HSBC)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih mengkaji perihal wacana pemindahan pelabuhan impor barang ke wilayah timur Indonesia. 

Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Moga Simatupang, keputusan untuk pemindahan tersebut masih memerlukan berbagai langkah, termasuk hasil penilaian dampak regulasi atau regulatory impact assessment (RIA).

"Itu kan masih dikaji, karena untuk keputusan itu, semua kan harus melakukan regulatory impact assessment-nya. Apakah perlu atau nanti hasilnya seperti apa baru jadi kebijakan," jelas Moga ketika ditemui di Jakarta Utara, Rabu (28/8/2024).

Namun, Moga juga turut menekankan perpindahan ini tidak perlu dilakukan apabila pengusaha ritel saling bekerja sama dengan pengusaha lokal untuk pemenuhan konsumen dalam negeri, karena menurutnya peritel juga sudah lebih mengetahui target pasarnya.

"Tadi Pak Budihardjo Iduansjah [Ketua Hippindo] bicara dengan Pak Menko [Perekonomian Airlangga Hartarto], 'Pak kalau bisa impornya jangan lewat Sorong'. Toh kalau diproduksi dalam negeri kan tidak perlu lewat Sorong, tidak perlu merusak persetujuan impor, jadi semua dimudahkan," terangnya. 

Ekspor impor. (Dok: Bloomberg)