Logo Bloomberg Technoz

S&P 500 pada satu titik menuju penurunan terburuk sejak krisis 5 Agustus. Indeks tersebut menjauh dari ambang batas tersebut, ditutup turun 0,6%. Pengukur volatilitas favorit Wall Street - VIX - melonjak ke sekitar 17. Hasil obligasi Treasury 10-tahun naik dua basis poin menjadi 3,83%, sementara Bitcoin turun di bawah US$60.000.

Investor juga akan mengawasi ketat saham China setelah indeks acuan CSI 300 turun ke level terendah sejak Februari pada Rabu (28/08/2024) di tengah ekonomi yang terengah-engah. UBS Group AG menurunkan perkiraannya untuk pertumbuhan negara tersebut tahun ini dan tahun depan, mengutip penurunan pasar properti yang lebih dalam dari yang diharapkan yang belum menemui titik terendah.

Sementara itu, layanan pengiriman makanan China Meituan melaporkan hasil kuartalan yang melampaui perkiraan, sebuah sinyal positif bagi investor yang semakin khawatir tentang kelesuan konsumen domestik.

Kinerja yang baik tersebut menonjol selama musim pendapatan yang suram untuk perusahaan-perusahaan berorientasi konsumen China. Pekan ini, PDD Holdings Inc - yang sejak lama dianggap sebagai penerima manfaat dari penurunan konsumsi China - mengejutkan pasar dengan prospek bisnis yang suram yang menggarisbawahi kelemahan yang melanda negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Grafik indeks Shanghai Shenzhen CSI 300. (Sumber: Bloomberg)

Di tempat lain, Nippon Steel Corp berencana menginvestasikan tambahan US$1,3 miliar di pabrik-pabrik yang dioperasikan oleh United States Steel Corp ketika perusahaan Jepang meningkatkan upaya mengamankan dukungan serikat pekerja untuk tawaran pengambilalihan yang telah ditentang oleh Presiden Joe Biden dan Donald Trump.

Dalam komoditas, penurunan minyak diperpanjang menjadi hari ketiga untuk diperdagangkan menuju US$74 per barel setelah reli yang didorong geopolitik baru-baru ini gagal mendorong harga berjangka di atas rata-rata pergerakan 200 hari, yang sekarang berfungsi batas atas kenaikan harga. Emas mempertahankan sebagian besar kerugian hari Rabu dalam perdagangan awal.

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

  • S&P 500 futures turun 0,8% pada pukul 7:48 pagi waktu Tokyo Futures Hang Seng turun 0,4% S&P/ASX 200 futures turun 0,3% Mata Uang
  • Indeks Bloomberg Dollar Spot sedikit berubah
  • Euro sedikit berubah pada $1,1123
  • Yen Jepang naik 0,2% menjadi 144,33 per dolar
  • Yuan offshore sedikit berubah pada 7,1295 per dolar
  • Dolar Australia sedikit berubah pada $0.6784

Kripto

  • Bitcoin turun 0,5% menjadi $59.022,32
  • Ether turun 0,5% menjadi $2.525,94

Komoditas

  • Minyak mentah West Texas Intermediate turun 0,1% menjadi $74,44 per barel
  • Emas spot sedikit berubah

Artikel ini diproduksi dengan bantuan Otomasi Bloomberg.

(bbn)

No more pages