Logo Bloomberg Technoz

Mata Uang Pasar Berkembang Melemah Gegara Dolar dan Minyak

News
29 August 2024 05:30

Ilustrasi peso Meksiko. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi peso Meksiko. (Sumber: Bloomberg)

Kerim Karakaya dan Nicolle Yapur - Bloomberg News

Bloomberg, Mata uang pasar berkembang turun untuk hari kedua pada Rabu, karena dolar bangkit kembali dan pasar Amerika Latin terpukul oleh harga minyak dan hiruk-pikuk politik.

Indeks mata uang pasar berkembang MCSI Inc membukukan kerugian hari kedua, dengan sebagian besar mata uang turun untuk hari itu. Di antara pengecualian adalah peso Meksiko, yang memangkas reli sebelumnya setelah dua senator oposisi bergabung dengan koalisi yang berkuasa, menggerakkan pemerintah lebih dekat ke mayoritas super yang dibutuhkan untuk mengubah konstitusi.

Peso telah naik sebanyak 1,7% pada Rabu sebelum memangkas keuntungan. Meskipun mata uang masih ditutup pada wilayah positif, uang kertas dolar Meksiko meluncur melintasi kurva dan menjadi obligasi negara dengan kinerja terburuk di seluruh pasar berkembang pada Rabu.

Mata uang Amerika Latin lainnya juga mengalami hari yang buruk, dengan peso Kolombia memimpin kerugian di pasar berkembang, melemah hampir 1,5% karena jatuhnya harga minyak. Diikuti oleh real Brasil, yang memperpanjang penurunannya setelah Presiden Luiz Inacio Lula da Silva memilih Gabriel Galipolo sebagai kepala bank sentral berikutnya, yang memperkuat pengaruh pemerintah atas lembaga tersebut.

Indeks MSCI./dok. Bloomberg