Logo Bloomberg Technoz

Entitas Usaha TLKM Gandeng ISAT Kembangkan Proyek Kabel Laut

Sultan Ibnu Affan
28 August 2024 21:00

Penandatangan MoU SKKL PT Telin Indonesia Internasional dan PT Indosat Tbk, Rabu (28/8/2024). (Dok: Sultan Ibnu Affan/Bloomberg Technoz)
Penandatangan MoU SKKL PT Telin Indonesia Internasional dan PT Indosat Tbk, Rabu (28/8/2024). (Dok: Sultan Ibnu Affan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Bali - PT Telekomunikasi Indonesia Internasional atau Telin, entitas usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) resmi bekerja sama dengan PT Indosat Tbk (ISAT) untuk mengembangkan proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL).

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) oleh Chief Executive Officer (CEO) Telin Budi Satria Dharma Purba dan Chief Bussines Officer (CBO) ISAT Muhammad Buldansyah, Rabu (28/8/2024).

"Hari ini kita tanda tangan MoU, berkolaborasi dengan Indosat. Kita bersama-sama untuk membangun kemajuan digital infrastruktur di Indonesia," ujar Budi saat ditemui usai penandatangan di sela acara Annual Telkom International Conference di Bali.

Budi mengatakan, kerja sama dengan Indosat tersebut menyasar pada bagian sistem proyek SKKL Ice Cable Express (ICE) tahap 2 (ICE-2) sepanjang 4.000 kilometer (km) yang menghubungkan Singapura dan kota-kota besar di Indonesia, dari Batam, Jakarta, Surabaya, Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga Manado.

Dalam kesempatan yang sama, CBO ISAT Muhammad Buldansyah mengatakan kerja sama tersebut juga sebagai bagian sinergi dari operator telekomunikasi Tanah Air.