Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sebut Pramono jadi Cagub Jakarta Usai PDIP Bertemu Anies 

Muhammad Fikri
28 August 2024 19:00

Pramono Anung dan Rano Karno (Instagram @si.rano)
Pramono Anung dan Rano Karno (Instagram @si.rano)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Menteri Sekretaris Kabinet Indonesia Maju, Pramono Anung sudah mengajukan izin untuk maju sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta, Senin lalu (28/8/2024). 

Peristiwa ini berarti terjadi bersamaan atau sesudah kunjungan Gubernur DKI Jakarta 2017-2022, Anies Baswedan ke Kantor DPP PDIP. Saat itu, Anies mengenakan pakaian tenun berwarna merah datang untuk menjalin komunikasi soal peluang mendapat tiket menjadi calon gubernur dari PDIP.

“Dua hari yang lalu, sudah [izin]. Begitu ditunjuk [PDIP] langsung [minta izin],” kata Jokowi kepada wartawan, Rabu (28/8/2024).

Senin lalu, PDIP memang hanya mengumumkan enam calon kepala daerah tingkat provinsi; termasuk Andika Perkasa-Hendrar Prihadi di Pilkada Jawa Tengah, dan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilkada Banten. Sejumlah elit partai tersebut mengklaim Ketua Umum Megawati Soekarnoputri belum menentukan pilihan untuk Pilkada DKI Jakarta.

Di sisi lain, sejumlah kabar menyebut PDIP dan Anies gagal menemukan kesepakatan. Anies kabarnya mendapat permintaan untuk menjadi kader PDIP jika ingin mendapat tiket ke Pilkada DKI Jakarta.