Logo Bloomberg Technoz

Daftar ke KPUD Jateng, Ahmad Luthfi Belum Mundur dari Kepolisian

Redaksi
28 August 2024 16:40

Eks Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi (Instagram @irjenpol_ahmadluthfi)
Eks Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi (Instagram @irjenpol_ahmadluthfi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Komisaris Jenderal Ahmad Luthfi mengakui masih berstatus sebagai anggota kepolisian saat mendaftarkan diri sebagai calon gubernur ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah. Dia akan berdampingan dengan mantan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin pada Pilkada Jawa Tengah.

Mantan Kapolda Jawa Tengah tersebut pun mengklaim memang belum harus mengundurkan diri dari Korps Bhayangkara. Dia baru harus keluar dari kepolisian usai resmi menjadi calon dan mendapat nomor urut pada Pilkada Jawa Tengah.

"Sesuai ketentuan, setelah ada penetapan pasangan calon baru mundur," kata Luthfi, Rabu (28/8/2024).

Dia juga memastikan akan menjalani proses pilkada sesuai aturan. Dia menepis sejumlah isu akan adanya perang bintang atau keterlibatan kepolisian dan TNI pada kompetisi yang akan mempertemukannya dengan mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Andika Perkasa.

Sesuai data KPU, Pilkada Jawa Tengah hanya akan mempertemukan dua pasangan calon. Mereka adalah Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen yang diusung 13 partai politik; dan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi yang hanya diusung PDIP.