Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Buka Peluang Tambah Anggaran Pilkada 2024 dari APBN

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 August 2024 16:10

Jadwal-dan-Tahapan-Pilkada-Serentak-November-2024 (Asfahan/Bloomberg Technoz)
Jadwal-dan-Tahapan-Pilkada-Serentak-November-2024 (Asfahan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membuka peluang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk membantu mendanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam membiayai anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2025.

Ia menyebut bantuan hibah dari pemerintah pusat tersebut diberikan kepada daerah-daerah yang memiliki kapasitas fiskal sangat terbatas. Ia menyebut, telah melakukan penelitian dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menyortir daerah dengan APBD yang sangat terbatas.

“Jadi pertama untuk KPU itu dari APBD dihibahkan ke pemerintah pusat dalam artian ke KPU, untuk penyelenggaraan pilkada. Untuk daerah yang kapasitas fiskalnya sangat terbatas kita akan melakukan bantuan dari APBN,” kata Sri Mulyani di Kompleks DPR RI, Selasa (27/8/2024).

Lebih lanjut, ia juga berharap Pilkada Serentak dapat berkontribusi ke perekonomian RI karena kegiatan yang dilakukan masing-masing kontestan dalam berkampanye umumnya dapat memberi dampak ekonomi dan sosial.

“Asal tidak ada bentrok saya rasa itu akan berikan tambahan [ke ekonomi RI],” tutup Sri Mulyani.