Logo Bloomberg Technoz

Menkeu Jawab DPR Soal Ekonomi 2025: Kapasitas Fiskal Terbatas

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 August 2024 15:22

Rapat Kerja Komisi XI dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (Tangkapan Layar via Youtube Komisi XI DPR RI Channel)
Rapat Kerja Komisi XI dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (Tangkapan Layar via Youtube Komisi XI DPR RI Channel)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan peningkatan produktivitas menjadi faktor penting yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pasalnya kapasitas fiskal yang dimiliki Indonesia cukup terbatas.

Hal itu ia sampaikan saat merespons usulan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI yang meminta Bendahara Negara meningkatkan pertumbuhan ekonomi 2025 melebihi 5,2% atau di atas target yang ditetapkan dalam rancangan pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2025 di DPR RI.

“Indonesia pertumbuhan ekonomi relatif baik di sekitar 5% meskipun tadi pimpinan menyampaikan beberapa hal terkait pentingya kita menaikan pertumbuhan, namun itu perlu dilakukan dengan meningkatkan produktivitas bukan dengan kapasitas fiskal yang sudah cukup terbatas,” ucap Sri Mulyani.

Meski begitu, Sri Mulyani menegaskan bahwa instrumen moneter dan fiskal tetap berperan sebagai pendorong dalam peningkatan produktivitas yang dilakukan agar dapat stabil dan berkelanjutan.

Bendahara Negara menyatakan, sumber pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan apabila mesin pertumbuhannya berasal dari produktivitas “dan itu berasal dari kebijakan struktural,” pungkas Sri Mulyani.