Logo Bloomberg Technoz

Kemenkes: Vaksin Mpox Tersedia untuk Kaum Gay, Anak Belum

Dinda Decembria
28 August 2024 14:20

Kemenkes Pastikan Vaksin Mpox di Indonesia Masih Cukup (Envato)
Kemenkes Pastikan Vaksin Mpox di Indonesia Masih Cukup (Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemberian vaksin Mpox di Indonesia hanya ditujukan untuk kelompok berisiko tinggi sesuai dengan rekomendasi. 

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr. Prima Yosephine, M.K.M, menyebut kelompok berisiko tinggi tersebut antara lain, LSL (Lelaki berhubungan Seks dengan Lelaki) atau GBMSM (Gay, Biseksual dan Pria-yang-berhubungan-seks-dengan-pria lainnya), dan individu yang kontak dengan penderita Mpox dalam dua minggu terakhir.

"Kelompok berisiko lainnya termasuk petugas laboratorium yang melakukan pemeriksaan spesimen virologi, terutama di daerah yang ada kasus Mpox, dan petugas kesehatan yang melakukan penanganan pada kasus Mpox,” ujar Prima di Jakarta, Rabu (28/8) dalam rilis kutipan Kementerian Kesehatan.

Sementara itu, sampai saat ini kelompok anak-anak tidak termasuk dalam kelompok sasaran vaksinasi Mpox di Indonesia. “Namun, petugas kesehatan yang melakukan penanganan kasus Mpox akan diberikan (vaksin) untuk memberi perlindungan dari tertularnya infeksi virus Mpox,” terang Prima.

Pemberian vaksin dan vaksinasi Mpox di Indonesia memiliki sifat yang bertujuan untuk pencegahan. Artinya, mencegah munculnya gejala atau meminimalkan keparahan penyakit. Saat ini, pemberian vaksinasi Mpox secara massal tidak direkomendasikan.