Logo Bloomberg Technoz

Ancaman Mogok Ojol dan Kurir Berpotensi Rugikan Banyak Pihak

Dinda Decembria
28 August 2024 13:48

Bisnis Grab. (Bloomberg)
Bisnis Grab. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Ekonomi Digital Celios, Nailul Huda menyatakan bahwa ancaman demo dan mogok kerja dari koalisi ojol nasional akan merugikan banyak pihak. Perdagangan yang mengandalkan kurir akan terhambat. Mobilitas masyarakat yang selama ini mengandalkan ojek online juga terganggu.

“Dampak terhadap mobilitas lebih tidak efisiensi dalam waktu,” jelas Nailul saat dihubungi di Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Demo dan mogok beroperasi para mitra platform ojol, seperti Gojek, Grab, ataupun mitra layanan pesan antar makanan, lebih mendorong keterlambatan proses. 

“Ketika mobilitas masyarakat dia tetap harus bekerja, akan menghambat dari sisi waktu, jadi mungkin waktu dan efisiensi kerja, akan lebih lambat, kemudian dalam kemacetan, ketika ada demo pasti macet,” kata Nailul.

Ia belum tahu secara pasti, apakah klaim mogok kerja ojol juga akan merambat ke perusahaan jasa paket. Namun apabila kurir “JNE, JNT, ikutan mogok juga, pasti arus barang akan terganggu sih sebenernya terutama arus perdagangan harian.”