Logo Bloomberg Technoz

Riyadh telah menandatangani kontrak 12 tahun dengan Komite Olimpiade Internasional pada Juli untuk menjadi tuan rumah acara tersebut, yang menandakan bahwa hubungan tersebut telah terjalin.

Saudi juga akan menjadi tuan rumah Asian Winter Games pada tahun 2029 dan hampir menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2034.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah menempatkan olahraga, hiburan, dan pariwisata sebagai pusat dari agenda bernilai miliaran dolar untuk mengubah ekonomi Arab Saudi menjadi sebuah negara dengan kekuatan yang beragam dan tidak terlalu bergantung pada minyak mentah.

Kerajaan juga melihat industri semacam itu sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup warga Arab Saudi, yang sebagian besar berusia di bawah 30 tahun.

Olimpiade, yang baru-baru ini menyelesaikan edisi musim panasnya di Paris, selanjutnya akan diselenggarakan oleh Italia, Amerika Serikat, Prancis, dan Australia pada tahun 2026-2032.

Dilaporkan bahwa Mesir dan Qatar termasuk di antara negara-negara di Timur Tengah yang dapat mengajukan penawaran untuk penyelenggaraan setelah itu.

Komite Olimpiade Arab Saudi tidak segera menanggapi permintaan komentar.

(bbn)

No more pages