Logo Bloomberg Technoz

Mpox Menggila, Ini Kriteria Epidemi, Endemi dan Pandemi di RI

Dinda Decembria
28 August 2024 13:30

Warga menunjukkan cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) pada anaknya di Nyiragongo, Kivu Utara, Kongo, Selasa (20/8/2024). (Arlette Bashizi/Bloomberg)
Warga menunjukkan cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) pada anaknya di Nyiragongo, Kivu Utara, Kongo, Selasa (20/8/2024). (Arlette Bashizi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pakar Kesehatan dan Epidemiolog, Dicky Budiman menjelaskan kriteria kasus cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) bila dikategorikan dalam epidemi, endemi atau pandemi. 

"Saya menjelaskan standar suatu penyakit seperti mpox bagaimana bisa dinyatakan sebagai epidemi, endemi atau pandemi jadi pertama per definisi," kata Dicky kepada Bloomberg Technoz, Selasa (27/8).

Lebih lanjut Dicky mengatakan definisi epidemi adalah satu kondisi di mana terjadi peningkatan kasus suatu penyakit yang signifikan. Signifikan yang dimaksud yaitu dalam satu populasi atau wilayah tertentu selama berada tertentu jadi ada batasan-batasan. 

"Untuk menetapkan sebagai epidemi kriterianya satu insiden kasus yang tidak normal jadi jumlah kasus penyakitnya secara signifikan melebihi ekspektasi normal berdasarkan data histori waktu di Afrika sebelumnya atau pola yang ada ini terjadi pada mpox," jelas Dicky. 

Kriteria kedua Dicky mengatakan pola penyebaran penyakit Mpox ini menunjukkan sebaran yang cepat dalam populasi tertentu khususnya di populasi dan termasuk sekarang pada heteroseksual juga ialah pembeli penjual seks.