Logo Bloomberg Technoz

Alasan Driver Ojol dan Kurir Demo hingga Matikan Orderan

Redaksi
28 August 2024 10:30

Ilustrasi Tokopedia. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Tokopedia. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ratusan bahkan diperkirakan seribuan driver ojek online (ojol) dan kurir online akan berunjuk rasa di ibu kota Jakarta, Kamis (29/8/2024). 

Berikut alasan kurir dan ojol akan melakukan aksi mogok kerja dan demonstrasi di ibu kota.

Ancaman demo ojol bakal berdampak terhadap orderan online sejumlah konsumen di ibu kota. Driver online mengancam tidak akan mengantarkan orderan online yang masuk di sejumlah aplikasi.

Koalisi Ojek Nasional dalam pernyataannya mengatakan sejumlah tuntutan akan disampaikan dalam aksi besok. Salah satunya, berkaitan dengan tarif yang dituding tidak adil antara aplikasi dengan mitra driver ataupun kurir online.

Tuntutan:

  1. Revisi Permenkominfo Nomor 1 Tahun 2012 tentang Formula Tarif Layanan Pos untuk Komersil Terhadap Mitra Driver Ojek dan Kurir Online di Indonesia.
  2. Kominfo wajib mengevaluasi dan memonitoring segala bentuk kegiatan bisnis yang dianggap mengandung unsur ketidakadilan terhadap driver ojek online.
  3. Hapus program layanan tarif hemat untuk pengantaran makanan dan barang karena dinilai tidak manusiawi dan tidak adil kepada driver ojek online.
  4. Penyeragaman tarif layanan pengantaran barang dan makanan di semua aplikasi.
  5. Tolak promosi aplikasi yang merugikan driver online.
  6. Legalkan ojek online di Indonesia dalam bentuk Surat Keputusan Bersama (SKB) sebagai angkutan sewa khusus.