Logo Bloomberg Technoz

Tak Hanya ASEAN, TLKM Buka Peluang Jajaki Pasar Data Center Eropa

Sultan Ibnu Affan
28 August 2024 09:55

layanan telekomunikasi dari menara Telkom. (dok perusahaan)
layanan telekomunikasi dari menara Telkom. (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) atau Telkom (TLKM) membuka peluang untuk menjajaki pangsa pasar Eropa, selain Asia Tenggara seiring dengan rencana ekspansi anorganik perseroan dalam bisnis data center melalui entitas usahanya PT Telkom Data Ekosistem atau NeutraDC.

Direktur Utama Telkom Ririek Ardiansyah mengatakan, peluang tersebut sekaligus menjadi bagian dari usaha perseroan yang kini tengah mencari mitra strategis guna mendongkrak ekspansi pasar data center Telkom hingga ke kancah global.

"Apakah akan ke Europe? Kita belum tahu. Peluang itu ada, tetapi tidak dalam waktu dekat," ujar Direktur Utama Telkom Ririek Ardiansyah saat ditemui disela acara Bali Annual Telkom International Conference di Bali, Selasa (27/8/2024).

Saat ini, NeutraDC sendiri juga telah merencanakan penambahan kapasitas data center dari sebesar 60 Megawatt (MW) menjadi 500 MW pada 2030 mendatang.

Dalam rencana itu, perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebutpun kini tengah menjajaki mencari mitra bisnis hingga ke negara tetangga di Asia Tenggara seperti Filipina, Vietnam, hingga Thailand.