Logo Bloomberg Technoz

Sudah Naik 25% Sepanjang Tahun, Harga Emas Antam Hari Ini Turun

Ruisa Khoiriyah
28 August 2024 08:55

Karyawan memperlihatkan emas logam mulia Antam di Butik Emas ANTAM, Jakarta, Selasa (9/72024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan memperlihatkan emas logam mulia Antam di Butik Emas ANTAM, Jakarta, Selasa (9/72024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas Antam, yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk, turun hari ini ketika harga emas dunia masih bergerak lebih kuat dan rupiah kemarin ditutup melemah.

Harga emas Antam, yang menjadi acuan harga emas di pasar domestik, dibanderol di level Rp1.410.000 per gram. Level harga itu mencerminkan penurunan Rp10.000 dibanding kemarin, menjadi penurunan pertama setelah selama tiga hari beruntun harga emas Antam stagnan.

Penurunan harga jual emas Antam diikuti juga oleh terpangkasnya harga pembelian kembali atau buyback price menjadi Rp1.257.000 per gram, atau turun Rp10.000 dibanding sebelumnya.

Meski harga emas Antam hari ini turun, sejatinya bila menghitung pergerakan sepanjang tahun ini, banderol emas logam mulia itu sudah membukukan kenaikan 24,7% year-to-date. Pada awal bulan ini, harga emas Antam bahkan sempat menyentuh level termahal dalam sejarah di posisi Rp1.433.000 per gram.

Faktor rupiah

Para peminat emas Antam perlu memperhatikan pergerakan kurs dolar AS terhadap rupiah yang dapat mempengaruhi dinamika harga emas yang dijual oleh BUMN tersebut.