Logo Bloomberg Technoz

Australia Bakal Batasi Persetujuan Visa untuk Mahasiswa Asing

News
28 August 2024 09:00

Australia. (Dok: Bloomberg)
Australia. (Dok: Bloomberg)

Ben Westcott dan Swati Pandey - Bloomberg News

Bloomberg, Australia akan membatasi persetujuan visa untuk mahasiswa asing mulai tahun depan, sebagai bagian dari tindakan keras imigrasi.

Menteri Pendidikan Jason Clare pada Selasa (27/08/2024) mengatakan di bawah kebijakan tersebut, pemerintah akan membatasi mahasiswa asing baru sebanyak 175.000 untuk program pendidikan tinggi dan 95.000 untuk sektor pelatihan keterampilan, sehingga totalnya menjadi 270.000.

Secara keseluruhan, akan ada sekitar 15% lebih banyak siswa yang diizinkan untuk masuk universitas dan 20% lebih sedikit untuk perguruan tinggi vokasi pada 2025, kata Clare. Pemerintah sedang menulis surat kepada masing-masing universitas untuk memberi tahu mereka tentang batasan mereka pada Selasa.

Batas visa pendidikan tinggi itu berarti penurunan 13% dari tahun fiskal yang berakhir pada bulan Juni, jauh lebih rendah daripada penurunan 20-25% yang diprediksi sebelumnya oleh penyedia layanan mahasiswa IDP Education Ltd, kata Entcho Raykovski, analis di Evans & Partners Pty Ltd. Saham IDP melonjak hingga 14% di Sydney, ke level tertinggi dalam lebih dari tiga bulan.