Logo Bloomberg Technoz

Sinyal The Fed Perkuat Skenario FFR, Harga Emas Bertahan Tinggi

Tim Riset Bloomberg Technoz
28 August 2024 08:20

Ilustrasi emas.
Ilustrasi emas.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas dunia masih melanjutkan kenaikan tiga hari beruntun, mendekati level tertinggi sepanjang masa, didukung oleh sentimen positif dari rilis risalah rapat The Fed New York dan Chicago yang mendukung penurunan bunga acuan.

Harga emas spot di pasar internasional bergerak di kisaran lebih tinggi di US$2.525,08 per troy ounce pada pukul 07:45 WIB, Rabu hari ini. Level gerak emas itu tidak jauh dari titik tertinggi sepanjang masa yang pernah tersentuh pada 20 Agustus lalu di US$.2.531 per troy ounce.

Keperkasaan emas yang berlanjut terungkit kegairahan investor pasar global yang semakin kuat keyakinannya bahwa bunga acuan The Fed, bank sentral Amerika, akan segera dipangkas. Rilis risalah rapat The Fed New York dan Chicago yang dilangsungka bulan lalu dan dirilis kemarin menunjukkan dukungan atas pemangkasan bunga acuan. 

Laporan itu memperkuat ekspektasi pasar bahwa pivot The Fed akhirnya tiba, menambah keyakinan yang sudah meningkat pesat pasca pidato Gubernur The Fed Jerome Powell pada Jumat pekan lalu.

Pekan ini, pelaku pasar menunggu rilis data penting yaitu laporan konsumsi dan pengeluaran pribadi (personal consumption expenditure) AS termasuk inflasi PCE yang selama ini menjadi referensi utama The Fed dalam menentukan kebijakan bunga acuan.