Logo Bloomberg Technoz

Trump mengatakan dalam sebuah postingan kampanye di X bahwa Jack Smith "mengajukan dakwaan baru yang konyol terhadap saya, yang memiliki semua masalah dakwaan lama dan harus segera dibatalkan." Dia menyalahkan Kamala Harris karena mendorong hal tersebut alih-alih menyerukan pembatalan.

Tidak jelas seberapa cepat Hakim Distrik AS Tanya Chutkan, yang mengawasi kasus pemilu, akan melanjutkan ke tahap berikutnya dalam proses tersebut. Dalam sebuah pemberitahuan yang diajukan ke Chutkan pada Selasa sore, jaksa penuntut mengatakan dakwaan yang direvisi "mencerminkan upaya pemerintah untuk menghormati dan menerapkan keputusan Mahkamah Agung."

Para pihak dijadwalkan untuk mengajukan laporan kepada Chutkan akhir pekan ini dengan usulan langkah-langkah berikutnya dalam kasus tersebut.

Trump harus didakwa kembali atas dakwaan baru ini, namun jaksa penuntut mengatakan mereka tidak akan menentang jika dia tidak hadir secara langsung untuk melakukannya.

Donald Trump menyampaikan pidato selama acara kampanye di Atlanta, Georgia, pada 3 Agustus. (Fotografer: Dustin Chambers/Bloomberg)

Clark, Pence

Dakwaan yang diperbarui menghapus salah satu dari enam rekan konspirator yang tidak didakwa yang tidak disebutkan namanya, tetapi deskripsinya sesuai dengan mantan pejabat Departemen Kehakiman Jeffrey Clark. Dakwaan ini juga memiliki baris baru yang mencatat bahwa lima rekan konspirator yang tersisa bukanlah pejabat pemerintah dan "bertindak dalam kapasitas pribadi." Seorang pengacara untuk Clark tidak segera membalas permintaan komentar.

Dakwaan tersebut masih mencakup tuduhan tentang upaya untuk menekan Wakil Presiden Mike Pence terkait campur tangan atas namanya dan menghentikan atau menunda Kongres mengesahkan kemenangan Biden. Para hakim mengatakan bahwa Trump mungkin memiliki kekebalan dari tuduhan tersebut.

Perubahan lainnya lebih halus. Smith mencoba mengalihkan fokus dari peran Trump sebagai presiden saat itu. Dakwaan asli dimulai dengan menggambarkan Trump sebagai "Presiden keempat puluh lima Amerika Serikat dan kandidat untuk pemilihan ulang pada tahun 2020." Dakwaan baru ini tidak lagi merujuk pada jabatannya, hanya menggambarkannya sebagai kandidat untuk jabatan pada saat itu. Paragraf selanjutnya menggunakan bahasa baru yang menyebutnya sebagai "kandidat dan warga negara."

Dakwaan yang diperbarui ini juga menghapus paragraf yang merujuk pada pejabat pemerintah tingkat tinggi dan pengacara Gedung Putih yang berulang kali memberi tahu Trump bahwa tidak ada bukti kecurangan pemilih yang meluas dalam pemilu 2020.

Untuk membuktikan bahwa Trump mengetahui klaim kecurangan tersebut adalah salah, jaksa penuntut mempertahankan rujukan pada pernyataan yang dibuat oleh staf kampanyenya, pejabat negara bagian, dan putusan dari puluhan pengadilan negara bagian dan federal yang menolak gugatan terhadap jumlah suara di negara bagian mengambang (swing states).

Dakwaan tersebut juga masih menampilkan tuduhan terkait dengan daftar pemilih pro-Trump di swing states yang menandatangani sertifikasi palsu yang menyatakan dia sebagai pemenang dan apa yang digambarkan oleh jaksa penuntut sebagai upaya Trump untuk mengeksploitasi serangan 6 Januari 2021 di Gedung Capitol AS oleh para pendukungnya.

Saat Smith melanjutkan kasus di Washington, timnya secara terpisah berjuang untuk menghidupkan kembali dakwaan terpisah di pengadilan federal di Florida yang menuduh Trump secara ilegal menyimpan dokumen rahasia dan menghalangi proses hukum. Trump juga menghadapi tuntutan negara bagian di Georgia terkait dengan pemilu 2020, tetapi kasus tersebut ditunda di tengah kontroversi atas tindakan jaksa wilayah.

Sementara itu, Trump dijadwalkan akan dijatuhi hukuman pada 18 September di Manhattan dalam kasus pidana uang suapnya. Hakim Juan Merchan diperkirakan akan segera memutuskan permintaan terakhir dari Trump untuk menunda hukuman hingga setelah pemilu, sebagian karena dia ingin lebih banyak waktu untuk mengajukan argumen bahwa persidangan tersebut tercemar oleh kesaksian dan bukti lain yang tidak akan diizinkan di bawah standar kekebalan baru Mahkamah Agung.

(bbn)

No more pages