Logo Bloomberg Technoz

Saat ini biaya pinjaman mereda, standar hidup meningkat dan ekonomi tampaknya siap untuk pertumbuhan yang stabil setelah melampaui rekan-rekannya di Grup Tujuh sejauh ini tahun ini.

Berakhirnya ketidakpastian pemilu dengan kemenangan Partai Buruh pada 4 Juli dan pemangkasan suku bunga pertama Bank of England dalam lebih dari empat tahun, dengan prospek pemangkasan lebih lanjut, diharapkan dapat mendukung pasar dalam beberapa bulan mendatang, kata para pakar industri.

Indikator pasar properti lainnya juga menunjukkan peningkatan. Indikator Halifax menunjukkan harga naik paling tinggi sejak Januari bulan lalu, sementara pemberi pinjaman hipotek pesaingnya Nationwide Building Society juga melaporkan kenaikan pada bulan Juli.

Zoopla memperingatkan para penjual untuk tidak "terlalu terburu-buru" dalam hal menetapkan harga. Pembeli memiliki daya beli yang lebih rendah dibandingkan dua atau tiga tahun lalu dan banyak yang masih menuntut diskon besar, katanya.

Satu dari lima rumah yang dijual pada bulan Agustus mengalami penurunan harga permintaan sebesar 5% atau lebih, lebih tinggi dari rata-rata.

"Kondisi pasar terus membaik seiring membaiknya prospek, tetapi pembeli tetap sensitif terhadap harga," kata Richard Donnell, direktur eksekutif penelitian Zoopla. 
"Pendapatan yang dapat dibelanjakan yang meningkat sama pentingnya dengan suku bunga hipotek untuk kesehatan pasar penjualan di masa mendatang." Zoopla mengatakan bahwa harga rumah naik 0,5% dari tahun sebelumnya, dengan beberapa wilayah termasuk Inggris Tenggara dan Inggris Timur melaporkan penurunan. Harga di London naik hanya 0,2% dari tahun ke tahun.

(bbn)

No more pages