Logo Bloomberg Technoz

Bagi Chris Senyek di Wolfe Research, hasil Nvidia akan menentukan arah pasar sebelum laporan penggajian AS yang penting pada 6 September.

"Kami tetap optimistis, tetapi risikonya sekarang condong ke sisi negatif dalam jangka waktu yang sangat dekat," kata Senyek. 

"Dari perspektif musiman, kita memasuki periode yang lebih lemah yang bahkan lebih diperkuat pada tahun-tahun pemilihan."

Di pasar lain, Bitcoin turun di bawah level US$60.000 pada Rabu pagi sebagai bagian dari kemunduran pasar kripto yang luas yang mencakup penurunan tajam pada token terbesar kedua, Ether. Minyak naik.

S&P 500 naik tipis ke sekitar 5.625 pada Selasa sementara Nasdaq 100 naik 0,3%. Pengukur produsen chip yang diawasi ketat naik 1,1%. Nvidia naik 1,5%. Super Micro Computer Inc. turun 2,6% setelah Hindenburg Research mengatakan akan melakukan short selling pada produsen peralatan server tersebut.

Imbal hasil obligasi Treasury 10 tahun naik satu basis poin menjadi 3,83% dan penjualan obligasi dua tahun senilai $69 miliar di AS diterima dengan baik.

Dengan pertanyaan yang beredar seputar kebijakan Federal Reserve, keadaan ekonomi, dan pemilihan presiden AS, setidaknya satu hal tampak jelas di Wall Street: belanja untuk AI masih menjadi kunci.

Kekhawatiran tentang pengembalian investasi tersebut baru-baru ini berkontribusi pada aksi jual teknologi, meskipun penurunan itu mudah dibeli. Perusahaan perangkat keras dan chip AI telah memimpin kenaikan di Nasdaq 100 dari level terendahnya di bulan Agustus, dengan Nvidia naik sekitar 30%.

Nvidia menyumbang lebih dari 6% dari kapitalisasi pasar S&P 500 dalam hal bobot indeksnya, jadi "ini semakin menjadi komponen yang lebih besar dari arah tren dan momentum pasar," Matt Stucky dari Northwestern Mutual Wealth Management mengatakan kepada Bloomberg Surveillance. Jika produsen chip raksasa itu gagal memenuhi harapan, atau bahkan sekadar memenuhi ekspektasi, 
"Saya pikir itu lebih merupakan lingkungan yang menghindari risiko," katanya, 

Rata-rata analis memperkirakan bahwa produsen chip raksasa itu akan memproyeksikan pertumbuhan pendapatan lebih dari 70% untuk kuartal saat ini. Beberapa memperkirakan lonjakan yang lebih besar. Hasil dan perkiraan Nvidia juga akan berfungsi sebagai barometer untuk pengeluaran AI di sebagian besar industri teknologi.

Di sisi ekonomi, data menunjukkan kepercayaan konsumen AS naik ke level tertinggi dalam enam bulan pada bulan Agustus karena pandangan yang lebih optimis terhadap ekonomi dan inflasi mengimbangi memudarnya optimisme tentang pasar tenaga kerja.

Sementara S&P 500 sekarang hampir kembali ke level tertinggi sepanjang masa setelah pesan dovish Powell baru-baru ini, premi risiko yang mendasarinya masih agak lebih besar daripada sebelum koreksi Juli dimulai dan narasi "AI" yang sebelumnya menguasai segalanya masih belum sepenuhnya pulih, menurut Jonas Goltermann di Capital Economics.

"Asalkan ekonomi AS berhasil melakukan soft landing, seperti yang terus kami antisipasi, dan antusiasme terhadap AI semakin meningkat, kami memperkirakan S&P 500 akan mencapai 6.000 pada akhir tahun," katanya.

(bbn)

No more pages