Logo Bloomberg Technoz

Diketahui Jokowi telah mencanangkan target untuk Indonesia pada 2025 agar sekitar 23% sumber energi yang dihasilkan berasal dari EBT. Seluruh energi kotor yang berasal dari pembangkit listrik tenaga uap batu bara juga akan ditutup pada tahun 2050.

Scholz tengah gencar mencari dukungan untuk ambisi proyek perubahan iklim di Jerman. Dibutuhkan dorongan untuk menggencarkan pembangunan pembangkit EBT dan secara  bertahap menghapus pembangkit listrik bertenaga nuklir. Proyek Scholz ini juga merupakan upaya menghapus ketergantungan energi dari gas alam Rusia.

Scholz juga berusaha mengajak negara lain mempercepat agenda iklim ini, seraya menciptakan lebih banyak kesempatan bagi perusahaan-perusahaan Eropa untuk mengambil untung dari transformasi energi ini.

Scholz menegaskan, pimpinan-pimpinan negara Eropa harus mempercepat dialog dengan Indonesia, India, serta Meksiko perihal perdagangan.

Scholz menyarankan kepada Eropa memberi penawaran yang lebih baik kepada negara-negara yang memiliki material logam tanah jarang (rate earth) agar mereka diuntungkan saat memproduksi atau mengolah rare earth tersebut.

-Dengan asistensi Michael Nienaber.

(bbn)

No more pages