Logo Bloomberg Technoz

Perkuat Smelter Nikel, Antam (ATMN) Bersiap Akuisisi Tshingsan

Sultan Ibnu Affan
27 August 2024 21:20

Smelter nikel./Bloomberg- Cole Burston
Smelter nikel./Bloomberg- Cole Burston

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk atau Antam (ANTM) memastikan akan mengakuisi pabrik pengolahan dan pemurnian atau smelter milik Tsingshan Group, yang berlokasi di Pulau Gag, Papua Barat. 

Rencana itu menjadi bagian dari strategi perseroan untuk memperkuat portofolio bisnis hilirisasi nikel, yang juga menjadi program pemerintah.

"Kami, Antam melalui anak usahanya juga berencana untuk mengakuisi smelter pengolahan nikel yang dimiliki oleh Tshingshan Group," ujar Direktur Utama Antam Nico  Kanter dalam paparan publik secara daring, Selasa (27/8/2024).

Antam sendiri saat memiliki anak usaha bernama PT Gag Nikel, dengan menggenggam sebanyak 75% total saham. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pertambangan nikel di Pulau Gag, Papua Barat.

Pada 3 Mei lalu, PT Gag Nikel  telah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat atau Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) dengan Newton International Investment Pte Ltd, sebuh perusahaan yang dikendalikan oleh Tsingshan Group.