Logo Bloomberg Technoz

Dirut Telkom Punya 3 Alasan Mencari Mitra untuk Bisnis Pusat Data

Sultan Ibnu Affan
27 August 2024 21:10

gedung Telkom. (dok perusahaan)
gedung Telkom. (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Bali - Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) atau Telkom (TLKM) Ririek Adriansyah memiliki tiga tujuan perusahaan mencari mitra strategis dalam rangka pengembangan bisnis pusat data (data center).

"Kita harapkan mereka akan membawa tiga hal. Pertama, dia akan membawa dana tentunya, karena kita ingin akselerasi pengembangannya. Kedua, dia akan membawa expertise, pengalaman. Karena ini butuh scale yang berbeda," ujar Ririek.

Selain itu, mitra tersebut juga diharapkan dapat membantu penetrasi pasar bisnis pusat data hingga ke kancah global, sekaligus memperkuat posisinya di pasar domestik dan regional.

"Itu yang kita harapkan. Tapi data centernya masih di Indonesia," Ririek menambahkan saat ditemui saat Bali Annual Telkom International Conference di Bali, Selasa (27/8/2024).

Telkom sendiri telah menargetkan pangsa pasar pusat data domestik maupun regional hingga sebesar 15-20% dalam beberapa tahun mendatang, dengan pencarian mitra diharapkan rampung tahun ini.