Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Keluhkan Anggaran 2025 ESDM: Uangnya Kecil, Kerjanya Gede

Pramesti Regita Cindy
27 August 2024 18:00

Sambutan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia saat serah terima jabatan di Kementerian ESDM, Senin (19/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Sambutan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia saat serah terima jabatan di Kementerian ESDM, Senin (19/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mempermasalahkan anggaran kementeriannya yang dianggap terlalu kecil untuk Tahun Anggaran 2025.

Hal tersebut diungkapkan Bahlil ketika dirinya membaca paparan rencana kerja kementeriannya untuk 2025 dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

"Kecil-kecil juga ini uangnya, padahal kerjanya gede ini. Ini sorry pak, saya baru baca ini, kalau [anggaran] Kementerian Investasi kecil masih masuk akal pak, tetapi kalau Kementerian ESDM yang penghasil PNBB [penerimaan negara bukan pajak]-nya di luar hulu migas Rp170 triliun lebih, ini enggak sampai 10% ini pak," tegas Bahlil, yang juga mantan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu.

"Jadi kalau idealnya itu kan cost-nya itu minimal 20% dari total PNBP, cost ekonominya, tetapi enggak tahu ini teori ekonomi dari mana ini [jadi begini]," sambungnya. 

Pagu anggaran Kementerian ESDM 20245./dok. Kementerian ESDM

Anggaran Transisi