Logo Bloomberg Technoz

“Keputusan ini mempertimbangkan dampak bisnis dari lingkungan eksternal yang berat, termasuk fluktuasi ekonomi global baru-baru ini,” kata perusahaan itu di blog PlayStation pada hari Selasa.

Kenaikan harga PlayStation 5 terjadi setelah Sony menaikkan kisaran harga ritel yang disarankan untuk TV, headphone, dan kamera pada awal bulan ini.

Microsoft Corp. juga mengumumkan kenaikan harga untuk konsol Xbox di Jepang awal bulan ini. Untuk Xbox Series X akan ditawarkan hampir ¥67.000, naik sebesar 12%.

Sony yang berbasis di Tokyo mungkin akan mencapai titik tertinggi baru dalam laba divisi game pada tahun fiskal hingga Maret, menurut analis Bloomberg Intelligence, Masahiro Wakasugi dan Takumi Okano.

Kedua analis mempelajari bahwa Sony memiliki koleksi judul-judul game first-party yang kuat dan kemungkinan kenaikan harga layanan jaringan PlayStation — dan diperlukan untuk permainan multiplayer online — akan membantu meningkatkan profitabilitas selain kebijakan kontrol biaya ketat.

“Laba divisi game Sony dapat mencapai ¥330 miliar pada tahun fiskal 2025 yang berakhir pada bulan Maret, 3% di atas perkiraan, karena kekuatan platform PlayStation. Ini dapat meningkat lebih lanjut ke rekor tertinggi ¥370 miliar pada tahun fiskal 2026 karena judul game software yang dimiliki Sony yang kuat,” terang Wakasugi  dan Okano.

“Skenario kenaikan menunjukkan bahwa perusahaan ini dapat mencapai rekor laba tertinggi lebih cepat, yaitu pada tahun fiskal 2025.”

(bbn)

No more pages