Logo Bloomberg Technoz

Saham Ini Diuntungkan Pivot Bunga The Fed, Simak Target Harganya

Muhammad Julian Fadli
28 August 2024 08:00

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Reli IHSG hingga rekor dipicu titik terang dimulainya pemangkasan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) dalam waktu dekat. Di samping rekor ATH, sejatinya juga memberikan keuntungan bagi sejumlah saham potensial yang sensitif terhadap kebijakan tersebut.

Euforia tersebut menyitir pidato Jerome Powell, Gubernur The Fed pada Jumat membuat kegairahan di pasar keseluruhan. Pernyataan Powell amat jelas menyebut telah tiba saatnya bagi mereka untuk melakukan pemangkasan suku bunga.

Perkiraan pemotongan suku bunga AS. (Sumber: Bloomberg)

Ditambah lagi sebuah ‘Konfirmasi’ dari Gubernur The Fed San Francisco, Mary Daly, dia percaya sudah saatnya Bank Sentral AS menggunting suku bunga. 

“Saatnya untuk menyesuaikan kebijakan telah tiba,” kata Daly pada Senin dalam sebuah wawancara dengan Michael McKee dari Bloomberg Television.

Dorongan para pejabat penting Federal Reserve membuat pasar bersiap untuk momen historis terputusnya era pengetatan paling agresif dalam empat dekade, sejak 2022 silam – di tengah keyakinan yang meningkat, akan memberikan keuntungan bagi sejumlah saham potensial yang sensitif terhadap kebijakan itu.