Logo Bloomberg Technoz

Profil Airin: Dari Notaris Akta hingga Maju Pilgub Banten

Muhammad Fikri
27 August 2024 15:40

Airin Rachmi (Instagram @airinrachmidiany)
Airin Rachmi (Instagram @airinrachmidiany)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Golkar mengusung kadernya, Airin Rachmi Diany sebagai Calon Gubernur Banten yang akan dipasangkan dengan Ade Sumardi dari PDIP. Profil Airin Rachmi Diany maju Pilgub Banten 2024.

Seperti diketahui, pasangan calon Airin-Ade, Senin lalu mendapatkan surat rekomendasi dari PDI Perjuangan yang diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Satu hari selanjutnya, Partai Golkar yang sebelumnya sepakat dengan koalisi gemuk KIM Plus untuk mengusung calon dari Partai Gerindra dan PKS, yaitu Andra Soni-Dimyati Natakusumah tiba-tiba turut mendukung pasangan Airin-Ade untuk maju dalam kontestasi Pilkada di wilayah Banten pada hari ini (27/8).

Karier Politik Airin

Airin Rachmi Diany mengawali kariernya sebagai notaris dan pejabat pembuat akta tanah di wilayah Kabupaten Tangerang. Pada 2008, Airin mulai mencoba karier berpolitiknya dengan maju sebagai Calon Wakil Bupati Tangerang.

Pada masa pemilihan calon bupati dan wakil bupati Tangerang, Airin serta pasangannya, Jazuli Juwaini mengalami kekalahan dalam Pilkada 2008. Pada 2010, Airin kembali mencoba peruntungannya di Pilkada Tangerang Selatan sebagai calon Wali Kota Tangerang Selatan.