Logo Bloomberg Technoz

PTBA Tambah Kapasitas Kereta Batu Bara 20 Juta Ton pada 2025

Pramesti Regita Cindy
27 August 2024 15:20

Aktivitas pengangkutan batu bara lewat jalur kereta api PT Bukit Asam Tbk (Dok PTBA.co.id)
Aktivitas pengangkutan batu bara lewat jalur kereta api PT Bukit Asam Tbk (Dok PTBA.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melakukan ekspansi kereta batu bara dengan menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan anak perusahannya PT Kereta Api Logistik (Kalog), guna menambah kapasitas distribusi batu bara sebanyak 20 juta ton per tahun.

SVP Project Management Office Setiadi Wicaksono mengatakan langkah ini merupakan bagian dari strategi bisnis perusahaan untuk memperkuat posisi di industri batu bara nasional dan internasional.

Untuk mendukung ekspansi ini, PTBA berencana mengembangkan area baru di Sumatra Selatan yang lebih dekat dengan Kertapati, tetapi dengan jarak tempuh yang lebih efisien.

"Jadi kalau Kertapati kita sekitar 161 km, di Keramasan ini kita memperpendek jaraknya menjadi hanya 168 km, sehingga ada penurunan kilometer yang juga nantinya bisa ber-impact karena ada penurunan angkutan kereta api. Nah untuk kapasitasnya sendiri, ini ada kisaran 20 juta ton tahun per tahun," kata Setiadi dalam agenda paparan publik, Selasa (27/8/2024). 

Pekerja memeriksa batu bara di tambang batu bara terbuka PT Bukit Asam di Tanjung Enim, Sumatera Selatan, Kamis (7/7/2011). (Dadang Tri/Bloomberg)

PTBA sendiri menargetkan proyek ini selesai pada 2025, di mana PT KAI akan bertindak sebagai penyedia sarana dan prasarana transportasi, serta PT Kereta Api Logistik (Kalog) yang akan menangani jasa bongkar muat di pelabuhan Keramasan.