Logo Bloomberg Technoz

Karyawan Produsen Cip Nvidia Lelah Bekerja Meski Bergelimang Uang

News
27 August 2024 15:10

Salah satu staf Nvidia. (Bloomberg)
Salah satu staf Nvidia. (Bloomberg)

Rya Jetha dan Evan Gorelick-Bloomberg News

Bloomberg, Terhitung sejak tahun 2019 saham Nvidia Corp, produsen cip —yang awalnya fokus pada peningkatan GPU sebuah komputer— mengalami lompatan harga saham 3.776%. Namun terdapat cerita lain yang tidak banyak diketahui soal Nvidia, termasuk kelelahan para karyawan.

Nvidia, yang berkat booming kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), menikmati pundi-pundi keuntungan atas meningkatnya permintaan cip canggih buatan perusahaan. Cip Nvidia menjadi ‘otak’ dibalik perusahaan teknologi yang dalam pengembangan pusat data hingga menghasilkan model-model AI tertentu. Nvidia sebagai pemasok lebih dari 90% penjualan di pasar cip AI. 

Dengan berada di jalur penerima manfaat terbesar, founder dan CEO Nvidia Jensen Huang lantas tancap gas. Dia, yang terdongkrak hartanya akibat kepemilikan saham, lantas menetapkan ekspektasi tinggi terhadap karyawan.

Tingkat stres tinggi. Pekerjaan menjadi melelahkan. Beberapa karyawan dan mantan staf bercerita waktunya kini tidak lagi bisa bersantai. Ini menjadi sebuah masalah budaya sedang terjadi, kata 10 orang tersebut dan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena takut akan pembalasan.