Logo Bloomberg Technoz

PTBA: Cadangan Batu Bara Bukit Asam Cukup Buat 1 Abad Lagi

Pramesti Regita Cindy
27 August 2024 14:10

Pertambangan batu bara./Bloomberg-Ferley Ospina
Pertambangan batu bara./Bloomberg-Ferley Ospina

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengimbau kepada para investor untuk tidak perlu khawatir terhadap cadangan batu bara yang dikelola oleh perseroaannya.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PTBA Farida Thamrin menjelaskan sebagian besar area operasi mereka yang terletak di Sumatra Selatan masih belum banyak tereksplorasi, sehingga memungkinkan cadangan batu bara perseroan masih tersedia hingga 90—100 tahun mendatang.

"Kepada teman-teman semua investor jangan khawatir karena cadangan batu bara yang ada di PT Bukit Asam ini masih sangat banyak teman-teman semua ada 2,98 miliar ton batu bara yang ada, kalau dibayangkan berapa banyak jadi kalau misalnya sekarang produksi batu bara sekitar 40 juta ton mungkin kalau misalnya dihitung-hitung masih sekitar 90 tahun sampai 100 tahun yang masih bisa kita eksplor batu baranya," jelas Farida dalam agenda paparan publik, Selasa (27/8/2024). 

Farida juga menambahkan bahwa sumber daya batu bara yang belum dieksplorasi mencapai 5,81 miliar ton. 

Aktivitas pengangkutan batu bara PT Bukit Asam di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. (Dok Dadang Tri/Bloomberg)

Di samping itu, dia turut memaparkan bahwa PTBA memiliki beberapa area operasi dengan karakteristik batu bara yang beragam. Seperti, area Tanjung Enim di Sumatra Selatan, yang menawarkan variasi kalori batu bara yang beragam, sehingga menjadi daya tarik bagi para pembeli.