Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Tegaskan Makan Gratis akan Sasar Ibu Hamil & Balita

Azura Yumna Ramadani Purnama
27 August 2024 12:45

Siswa menyantap makanan saat uji coba program makan siang gratis di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Siswa menyantap makanan saat uji coba program makan siang gratis di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sependapat dengan pandangan Fraksi PKS dan Fraksi Partai Demokrat terkait program makan bergizi gratis yang juga harus menyasar ibu hamil, ibu menyusui, dan Balita untuk meningkatkan kecukupan gizi, peningkatan kecerdasan anak, serta mencegah stunting atau tengkes.

Hal tersebut diungkapkan saat menyampaikan tanggapan pemerintah atas pandangan umum Fraksi DPR RI terhadap RUU RAPBN 2025. Bendahara Negara sedang memaparkan kebijakan prioritas di bidang kesehatan yang dalam RAPBN 2025 dialokasikan anggaran sebesar Rp197,8 triliun.

“Penajaman prevalensi stunting berfokus pada 12 provinsi prioritas khusus untuk penekanan pada aspek pencegahan yaitu intervensi pada sasaran 1000 hari pertama kehidupan,” ucap Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna di DPR RI, Selasa (27/8/2024).

Selain itu, ia juga memaparkan kebijakan prioritas bidang pendidikan yang salah satunya adalah pemberian makan bergizi gratis kepada peserta didik di seluruh jenjang pendidikan.

Berbagai program termasuk makan bergizi gratis diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan sehingga terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, sekaligus untuk menggerakan perekonomian daerah melalui UMKM yang berpartisipasi dalam belanja sektor pendidikan.