Logo Bloomberg Technoz

Dorong Ekonomi, Korsel Tingkatkan Anggaran untuk Chip & K-Pop

News
27 August 2024 12:20

Pengunjung menyaksikan pameran K-POP DFESTA Jakarta 2024, di salah satu pusat perbelanjaan. Selasa (11/6/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pengunjung menyaksikan pameran K-POP DFESTA Jakarta 2024, di salah satu pusat perbelanjaan. Selasa (11/6/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Korea Selatan (Korsel) berusaha meningkatkan pengeluaran pemerintah tahun depan untuk mendukung perekonomian yang diperkirakan akan melambat, dengan menjanjikan langkah-langkah yang mencakup dukungan keuangan yang lebih besar untuk semikonduktor dan sektor berkembang lainnya seperti hiburan K-pop.

Kementerian Keuangan dalam sebuah pernyataan pada Selasa (27/08/2024) mengatakan pemerintah berencana mengeluarkan 677,4 triliun won pada 2025 yang akan menjadi peningkatan sebesar 3,2% dari anggaran tahun ini. Itu akan menjadi laju peningkatan yang lebih cepat dibandingkan tahun ini, ketika anggaran naik sebesar 2,8%.

Perbandingan PDB & pengeluaran Korea Selatan. (Sumber: Bloomberg)

Proposal yang akan diajukan ke parlemen mencakup 6,2 triliun won dalam pinjaman berbunga rendah kepada perusahaan yang mengembangkan semikonduktor, baterai, dan bioteknologi, kata kementerian tersebut.

Dana terpisah sebesar 2,9 triliun won akan didirikan untuk mendukung konser dan pembuatan konten K-pop, memajukan proyek energi nuklir termasuk reaktor modular kecil, dan memberikan jaminan untuk ekspor senjata. Industri-industri tersebut telah muncul lebih menonjol sebagai penggerak ekonomi berorientasi ekspor negara ini dalam beberapa tahun terakhir.