Logo Bloomberg Technoz

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada Senin bahwa mereka telah menargetkan stasiun kompresor gas di Ukraina barat serta gardu listrik dan penyimpanan rudal udara di seluruh negeri.

Serangan tersebut berdampak pada 15 dari 27 wilayah Ukraina, kata Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba dalam sebuah postingan di X, termasuk ibu kota Kyiv dan wilayah Lviv barat dekat perbatasan dengan Polandia. Pembangkit listrik hidro ibu kota termasuk di antara target. Pemotongan listrik darurat dan pasokan air diberlakukan di Kyiv.

Serangan itu mendorong Zelensky untuk kembali meminta sekutu barat Ukraina untuk menghapus batasan penggunaan senjata jarak jauh guna menyerang target militer di dalam Rusia dan mengirimkan lebih banyak pertahanan udara dan rudal.

"Para pembela kami tidak dapat dibatasi dalam senjata mereka ketika Rusia mengerahkan seluruh persenjataannya, termasuk 'Shaheds' dan rudal balistik dari Korea Utara," katanya dalam posting tersebut. "Amerika, Inggris, Prancis, dan mitra kami lainnya memiliki kekuatan untuk membantu kami menghentikan teror ini."

Salah satu drone Rusia memasuki wilayah udara Polandia pada Senin pagi dan menghilang dari radar sekitar 25 kilometer jauh ke dalam wilayahnya. Operasi pencarian sedang dilakukan untuk menemukan benda tersebut.

Jet Polandia dan NATO dikerahkan untuk menjaga wilayah udara negara tersebut, kata angkatan udara di platform media sosial X, menggambarkan serangan tersebut sebagai yang paling intens yang berdampak pada Ukraina Barat sejak 8 Juli.

Gubernur regional Lviv, Maksym Kozytskyi, memperingatkan bahwa rudal sedang mendekati Stryi di mana sistem transmisi gas dan infrastruktur penyimpanan berada. Peringatan serangan udara, yang dimulai setelah tengah malam, dilanjutkan di sekitar setengah wilayah Ukraina setelah jeda singkat.

Kota barat laut Lutsk, yang jarang menjadi sasaran serangan, juga terkena dampak, dan sebuah rumah tinggal rusak, kata walikota setempat Ihor Polishchuk, menurut penyiar Suspilne. Setidaknya tiga orang tewas dalam serangan tersebut, menurut pemerintah setempat.

"Keinginan untuk menghancurkan energi kami akan merugikan Rusia," kata Andriy Yermak, kepala kantor Zelensky, di Telegram Senin.

Beberapa distrik di Kyiv tetap tanpa listrik dan pasokan air di tengah serangan karena "situasi dalam sistem energi negara," kata walikota kota, Vitali Klitschko, di Telegram.

Kozytskyi juga mengatakan bahwa pasokan listrik terputus di wilayah Lviv.

Operator jaringan Ukraina memberlakukan pemotongan listrik darurat, kata menteri energi negara, German Galushchenko, di Facebook. "Situasinya sulit, dan konsekuensi serangan sedang dinilai."

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan 20 drone Ukraina menyerang target semalam di beberapa wilayah tengah Rusia. Dua gedung apartemen bertingkat banyak di kota Saratov dan Engels terkena dampak serangan tersebut, menurut Gubernur regional Saratov Roman Busargin. Beberapa orang terluka, katanya.

(bbn)

No more pages