Logo Bloomberg Technoz

Ratusan Drone & Rudal Rusia Hantam Infrastruktur Energi Ukraina

News
27 August 2024 10:10

Tentara Rusia (Sumber: Bloomberg)
Tentara Rusia (Sumber: Bloomberg)

Kateryna Chursina - Bloomberg News

Bloomberg, Ukraina mengatakan Rusia menembakkan lebih dari 100 rudal dan  drone dengan jumlah yang hampir sama ke kota-kota di seluruh negeri pada Senin (26/08/2024). Ini merupakan serangan besar-besaran terhadap infrastruktur energi yang menyebabkan pemadaman listrik dan menewaskan setidaknya tiga orang.

Sektor energi telah mengalami kerusakan signifikan, kata Presiden Volodymyr Zelenskiy dalam sebuah postingan di jaringan media sosial X. Dia menyebut serangan tersebut sebagai salah satu yang terbesar sejak invasi Kremlin terhadap negaranya dimulai lebih dari dua tahun lalu.

Rusia telah meningkatkan upaya untuk menjatuhkan infrastruktur sipil Ukraina, termasuk pasokan listrik, pemanas, dan air, sebelum musim dingin. Serangan terbaru terjadi ketika Kyiv terus melakukan serangan di wilayah Kursk Rusia, yang mengejutkan Moskow dan mendorong puluhan ribu penduduk untuk meninggalkan rumah mereka.

Presiden AS Joe Biden, dalam sebuah pernyataan pada Senin (26/08/2024) malam, mengutuk "dengan tegas, perang Rusia yang terus berlanjut melawan Ukraina dan upayanya untuk menjerumuskan rakyat Ukraina ke dalam kegelapan." Biden mengatakan bahwa AS "meningkatkan peralatan energi ke Ukraina untuk memperbaiki sistemnya."