Logo Bloomberg Technoz

"Jadi tidak perlu ada kepanikan dan narasi yang kita sampaikan bahwa Indonesia terbuka," kata Sandiaga.

"Tapi kita pastikan juga kesehatan warga kita melalui thermal scanner (mendeteksi suhu), melalui pengecekan fisik dari perjalanan dan tiba," tambah Sandiaga.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya menjelaskan pada Senin pagi tadi pihaknya mendapatkan informasi dari Dirjen Perhubungan Udara terkait antisipasi mpox yang dilakukan oleh Kemenkes.

"Akan dilakukan kembali prosedur di bandara, terutama yang direct flight. Kemudian juga aplikasi eHAC akan diberlakukan kembali sebagai bentuk antisipasi terhadap wabah Mpox. Jadi, artinya secara destinasi di pintu-pintu (bandara) itu Kemenkes sudah alert dan akan memperlakukan seperti waktu COVID," bebernya.

Diketahui kasus Mpox jenis baru yang lebih mematikan telah masuk Thailand. Ini menjadi penanda kasus pertama masuknya Clade 1b di Asia.

Pemerintah Singapura pun mulai memperketat dan memberlakukan pemeriksaan kesehatan di bandara hingga pelabuhan.

Dilaporkan Reuters, menurut Kementerian Kesehatan Singapura, langkah pencegahan dimulai sejak Jumat (23/8/2024), mereka akan memeriksa suhu para pelancong yang tiba di bandara Changi dan Seletar dari tempat-tempat yang terpapar risiko wabah mpox.

Langkah ini dilakukan Singapura setelah beberapa negara Asia dan ASEAN sudah menemukan kasus baru Mpox di negara mereka. Selain itu, WHO juga menetapkan Mpox sebagai darurat kesehatan global.

(dec/spt)

No more pages